My Ladzidza...

Tempat berbagi ilmu, ide dan resep kue tentunya...

"OTAK tak Pernah Lelah"  

Bagian otak kanan kita, yaitu yang menguasai bagian tubuh kiri kita, mempunyai ruang pusat kegiatan (aktivitas) psikis dan emosional kita. Seperti emosi kita, alam bawah sadar kita, indra keenam serta instuisi (suara hati) kita sebagai manusia. Sedangkan bagian kiri otak kita, yaitu yang menguasai bagian tubuh sebelah kanan mempunyai ruang pusat berfikir, berbicara, alam sadar kita, dan seluruh aktivitas intelektual kita sebagai manusia.

Secara umum,otak kita adalah bagian yang tidak pernah kenal lelah. Otak tidak pernah tidur atau istirahat dalam 24 jam setiap harinya. Ketika kita tidur, otak kita tetap bekerja akan tetapi dengan cara lain. Hal ini berarti bahwa untuk menghadapi kesungguhan,tidak hanya dengan istirahat dan diam saja.

Otak adalah bagian yang menguasai seluruh bagian tubuh dengan beberapa perintah tugas yang tidak dapat diabaikan. Permukaan otak kita terdiri dari bagian yang menonjol dan bagian cekung, daerah ini dipenuhi oleh belitan-belitan lembut penyusun otak. Didalam belitan-belitan tersebut terdapat daerah yang menjadi pusat pengendali bagian tertentu dengan fungsi yang tertentu pula. Namun sains kita masih menyatakan bahwa terdapat bagian otak yang belum diketahui fungsinya sampai saat ini.

Bagian depan otak manusia menguasai emosionalnya dan menentukan karakteristiknya. Sementara itu bagian tengah otak manusia menguasai gerakan-gerakan tubuh serta gerakan-gerakan yang dapat menghasilkan pembicaraan. Selain daerah ini juga terdapat pusat-pusat lain yang menguasai perasaan manusia diseluruh bagian tubuhnya, terlebih lagi perasaan sakit, panas, dan tekanan.

Yang termasuk bagian-bagian indra ini adalah bagian yang menguasai perasaan yang dapat menjadikan kita mendengar atau memahami pembicaraan.

Di penghujung otak terdapat daerah yang menangkap makna gambar yang ditransfer oleh kedua mata kita ke pusat penglihatan. Ketika bagian otak kanan kita menguasai bagian kiri tubuh, dan bagian kiri otak menguasai bagian kanan tubuh, maka ketika seseorang mengalami gangguan otak kanannya seperti kebekuan otak atau pendarahan, maka bagian tubuh sebelah kirinya akan mengalami kelumpuhan. Karena ruang pusat yang dapat memberikan instruksi sedang error.

Di dalam kecelakaan yang menyebabkankepala seseorang cidera, seorang ahli bedah secara langsung dapat menentukan bagian otak yang yang ikut cidera, serta mengetahui bagian otak yang error dengan melakukan chek-up otak.

Rasa sakit pada tubuh manusia dimulai dari otak, bukan dari bagian tubuh yang nampak sakit atau terasa sakit tersebut. Otak kita mengirim sinyal-sinyal sakit ke akal sadar kita kemudian kita baru akan merasakan kesakitan. Ini yang sebenarnya selalu menimpa pada tubuh manusia. Bahkan sampai kaki kita terkilir, bukanlah kaki kita yang pertama sakit, akan tetapi sebenarnya sakit tersebut berasal dari otak yang ada dikepala kita. Urat syaraf kita yang menjadi transformater rasa sakit ini. Sebagian sakit ada yang ditransfer secara lambat, ada juga sakit yang dikirim sangat cepat. Terdapat beberapa urat syaraf kita yang dapat mengubah perkara biasa menjadi rasa sakit yang tidak tertahankan.

Otak kita adalah bagian indrawi (benda konkret) yang dapat kita rasakan, sedangkan akal adalah fungsi untuk berfikir, mengingat dan emosi kita timbul karena akal kita. Ingatan adalah arsip otak kita, karena dapat merekam dan menyimpan berbagai maklumat dan peristiwa. Ingatan kita dapat kita asah atau kita latih.

Orang yang cerdas adalah orang yang mampu menyimpan berbagai pengalaman dan dapat memanfaatkan kemampuannya tersebut. Dengan demikian, maka kemahiran atau kemampuan adalah hasil dari berbagai latihan dan pengalaman.*...####*

Melalui arsip otak, orang cerdas dapat mengingat setiap apa yang ada disekitarnya, sedangkan orang lain kadang tidak mampu untuk mengingat serta menghadirkan memorinya kembali. Kemahirannya membekas ketika dia memperhatikan sesuatu dengan teliti saja, sementara setengahnya lagi adalah kebodohan.

Didalam otak terdapat sistem kerja yang disebut hologram, yaitu bahwa setiap sel didalam otak berfungsi menghimpun semua kemampuan dan kemahiran manusia. Hal ini berarti setiap bagian otak dapat mengerjakan seluruh fungsi otak. Walaupun terdapat beberapa hal yang mengakibatkan rusaknya salah satu bagian penyusun otak, akan tetapi hal ini tidak mengakibatkan otak kita rusak total, kecerdasan manusia tetap tidak berkurang.

Pdg,5April'08
Saduran Buku Keajaiban Ciptaan Allah.

----------------------------------------------#######-----------------------------------------------

AddThis Social Bookmark Button

0 komentar

Posting Komentar